Merawat Rantai Sepeda Motor

kali ini kita akan membahas wacana yang namanya gear set  Merawat Rantai Sepeda Motor
Halo ketemu lagi di  idokeren.blogspot.co.id kali ini kita akan membahas wacana yang namanya gear set / rantai sepeda motor beserta gear,  agan dan sis niscaya pernah mengalami yang namanya harus ganti rantai dan gear set dan komponen ini selalu berbarengan dikala penggantian dan lumyan harganya satu set cukup merogoh kantong ehehhee maklum kantong saya ini cetek #aduuuh buka kartu deeh.

Ok terus apa yang mau kita bahas  jadi mikiir ini ??? apa yaaaa
Oh ya gear set komponen sepeda motor yang satu ini termasuk komponen fast moving praktis didapat sebab komponen gear set ini terbilang paling sering  diganti biasanya berdasarkan pengalaman motor, saya sendiri jikalau pemakaian tanpa perawatan dari rider yang hanya pakai berdasarkan ku hanya sanggup nyaman bertahan hingga sekitar minimun 8 bulan apa lagi jikalau ditambah cuaca yang hujan  terus .... dan berdebu kacau deeh cucanya


Rantai dan gear mirip kata bagaikan tulang dan rusuk wkwkwkkww ko kayak ikan gni ni kalo dah malam otak rada eror hahahah back to topic komponen ini sanggup dibilang salah satu komponen pelopor yang menciptakan nyaman dalam berkendara pernag gak sich agan dikala berkendaraan dengan sepeda  motor berbunyi krek krek atau cret cret ...atau kletek kletek ya semacam itulah pokonya yaa dan rasanya gak lezat banget deehe apa lagi jikalau kita sedang menciptakan si kuda besi itu ( motor ) di pecut sekencang kencangya di rasa tidak akan maksimal motor kita melaju sebab ada beberapa kemungkinan yang sanggup di analisa weeeh dah kaya peneliti saya yaa hahaha maklum pernah mencicipi putus rantai di jalan dan duit cekak hadeeuuuuuuh gak gak lagi deeh terpaksa deeh telepon malaikat yang sanggup bantu aku.
kita lihat yuuks apa saja ayang harus di perhatikan :

v  Sebelum go to ride kita harus periksa apakah rantai kita kenduur atau tidak ceknya  praktis koo hanya lihat di kepingan belakang sebelah kirii bawah, kita rada kotor sedikit yaa memakai jari kita tekan rantai kepingan bawah ke atas memakai jari atau alat lain jikalau tidak mau kotor  apakah kekenduran rantai melebihi 3 cm  jikalau melebihi batas itu berarti rantai sudah kendur, sebab biasanya standar rantai yang saya tau 1-3 cm jka di rasa kendur maka kita harus mengencangkan rantai  nya praktis ko ada dua cara :

# pertama kita kebengkel dan minta tolong andal untuk menyetel rantai kita bisanya saya kasih sekitar Rp. 5000 rupiah dulu yaa tapi kalo agan dan sis mau kasih lebih juga gak problem ko yang penting ikhlas.

# kedua kita setel sendiri rantainya praktis koo
1.      Siapkan kunci kunci biasanya kunci ring 17, 19, 18 , 14 kunci pas 12/10
2.      Kendurkan baut roda belakang jangan hingga lepas yaa nanti kebanyakan kerjaan hanya hingga kendur saja dengan dirasakan kita sanggup menarik roda belakang maju dan mundur
3.      Kemudian kita putar roda sambil kita tekan  rantai nya, mutarnya pelan ajah yaa sebab sanggup ancaman sambil di beri aksentuasi rantai dari bawah keatas dan di sanggup kekencangan rantai yang paling tegang, kenapa kit a cari yang paling tegang kalo sebab jikalau kita menyetel pada posisi rantai kendur maka posisi rantai yang tegang tidak akan memiliki ketegangan yang pas. Oleh sebab itu kita harus menyetel pada posisi yang tegang dengan mengatur kekencangan 1-2 cm biasanya kalo saya yaa tergantung selera. Mengaturnya di erat baut roda belakang ada lempengan besi yang berfungsi untuk memajukan dan memundurkan rantai kita setel dari situ hingga dirasa oleh kita menerima kekencangan rantai yang pas. Ingat ya putar berkali kali dikala pengencangan supaya di ketahui posisi mana saja yan gmempunyai ketegangan paling kencang gres kit akendurkan dan kita setel ya.

kali ini kita akan membahas wacana yang namanya gear set  Merawat Rantai Sepeda Motor

4.      Kencangkan baut roda kanan dan kiri jikalau sudah di setel yaa setalah itu cek dengan memutar roda kembali apakah kekencangan rantai sudah di rasa pas. Jika ada da kepingan rantai yang masih kekencangan ulangi step 1-3  ya diatas. Ok tahap pengencangan rantai selesai

v  Pemeriksaan gear set  jikalau kit lihat fisik  si gear sudah lancip dan runcing itu mengambarkan rantai dan gear  harus di ganti walaupun harganya di rasa cukup munguras kantong berkisar Rp.150.000 - ??? tegantung jenis motor dan tipe motor yaa sebab ada 3 tipe sport, bebek, semi angsa heheh yang paling menguras kantong mungkin type sport kenapa sebab motornya ajah harganya mahal broo otomatis parts nya juga mahal yoi gak.   lebih baik dari pada menyesal sanggup putus di jalan nanti huhuhuhuhuhu pengalaman menyakitkan. jangan menunda yaa kenapa rantainya juga ikut di ganti ??? sebab mirip yang PMK  bilang tadi  rantai dan gear set set bagaikan tulang dan rusuk mereka selalu bekerja sama berdua mambawa agan dan  sis kemanapun, jadi jikalau gear sudah lancip maka rantai juga sudah waktunya di ganti sebab mereka pasangan ABADI ... ixixixiix

v  Lakukan pearwatan dengan membersihkan rabtai jikalau di rasa oleh mata kotor ya dan  memberi pelumasan setiap kali akan berkendara itu akan memperpanjang usia pakai komponen looh . dengan apa kita lumasi jikalau kita mau modal ada cairan khusus yang kita sanggup beli di bengkel-bengkel  cairan pelumas rantai kisaran Rp 15.000 – 30.000 tegantung merek dan ukuran yaa sanggup juga lebih.
Jika mau yang murah dan gratis sanggup memakai oli bekas atau minyak kelapa hehehehhe ( tidak di sarankan looh ) hanya PMK (pakmotoroke) juga sering pakai oli bekas upsss tiap kali akan berangkat berkendara tidak mengecewakan mengurangi ukiran rantai dan gear karean jikalau rantai dan gear itu kering akan bunyi  berdecit dan berisik dan mempercepat usia pakai sebab besi kering saling beradu mengakibatkan ke ausan cepat terjadi.
Oke deeh praktis mudahan goresan pena ini bermanfaat bagi yang membaca yaa selalu nantikan goresan pena yang lainya yaa.  di  pakmotoroke.blogspot.co.id atau agan dan sis sanggup baca baca di idokeren.blogspot.co.id hehe  sama koo itu juga banyak bahas motor




Sumber https://idokeren.blogspot.com/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengganti Seal Master Rem Honda Dengan Sangat Gampang

Motor Kehabisan Oli Mesin Di Jalan Begini Solusinya...

Cara Menciptakan Tarikan Gas Sepeda Motor Enteng / Ringan