Berapa Usang Usia Aki Kering Motor ?

Usia aki motor standar - problem yang banyak dikeluhkan oleh para biker salah satunya yaitu kondisi aki motornya yang suka sekali ngedrop, bahkan belum ada satu tahun diganti aki sudah ngedrop kembali.

Selain menambah biaya pengeluaran berupa pembelian aki baru, seringnya aki motor sowak ini juga menciptakan kita kerepotan ketika menyalakan motornya. Pasalnya starter elektrik tidak sanggup berfungsi sebagaimana menstinya, satu satunya jalan untuk menyalakan mesin motor bila aki sudah melempem menyerupai ini ialah dengan menggunakan kick starter.

 problem yang banyak dikeluhkan oleh para biker salah satunya yaitu kondisi aki motornya  Berapa Lama Usia Aki Kering Motor ?
Ilustrasi aki kering motor GS, image by tokopedia,com


Nah kemudian bagaimana nih dengan motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter ? ya harus starter dorong.

Sebenarnya dalam keadaan normal berapa sih usia aki sepeda motor ini ?

Pada umumnya aki sepeda motor normalnya sanggup bertahan antara 1.5 sampai 2 tahun, atau jarak tempuh motor yang telah melewati 20.000km gres aki akan terasa menurun performanya. Namun bila masih dalam hitungan bulan dengan jarak tempuh hanya beberapa ribu km, contohnya gres 2 bulan dengan jarak tempuh gres 2000km aki gres diganti sudah tekor lagi, niscaya ada problem pada sistem elektrikal motor yang kalian miliki.

Hal yang sanggup mengakibatkan aki praktis tekor biasanya lantaran regulator / kiprok motor yang berfungsi sebagai penyearah dan pembatas tegangan mengalami kerusakan, sehingga pengisian aki pun menjadi terganggu. Rusaknya kiprok ini biasanya dikarenakan faktor kualitas kiprok itu sendiri maupun lantaran faktor usia.

Penyebab aki motor praktis tekor selanjutnya disebabkan adanya kebocoran didalam rangkaian kelistrikan motor. Hal ini biasanya lantaran adanya modifikasi di penggalan kelistrikan yang dilakukan secara sembarangan, Sehingga walaupun kondisi motor sudah dimatikan, energi listrik yang tersimpan didalam aki tetap terpakai.

Selain itu penggunaan alat kelistrikan yang diluar standar juga sanggup menciptakan aki motor jadi praktis tekor, contohnya bohlam yang seharusnya 25 watt diganti dengan bohlam 35 watt.

Baca mekarik lainnya : Bisakah aki kering di cas ? cari tahu disini yuk . . .

Nah bila ada diantara kalian yang mengalami problem aki motor yang gres beberapa bulan diganti sudah ngedrop lagi, siapa tahu ada problem baik dibagian sistem pengisian aki, adanya modifikasi di penggalan sistem elektrikal, atau anda menggunakan komponen yang diluar standar pabrikan. Untuk perbaikan anda sanggup mengecek ulang modifikasi kelistrikan yang pernah kalian lakukan, serta mengusut apakah kiprok dalam keadaan manis atau sudah rusak. Semoga bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengganti Seal Master Rem Honda Dengan Sangat Gampang

Motor Kehabisan Oli Mesin Di Jalan Begini Solusinya...

Cara Menciptakan Tarikan Gas Sepeda Motor Enteng / Ringan